A wandering friend once asked the Great Disciple:
Friend Sariputta, Nibbāna, Nibbāna is it said! What is this Nibbāna? The destruction of Greed, the destruction of Hate, and the destruction of Ignorance! This, friend, is called Nibbāna… But, friend, is there a method, is there a way to reach this Nibbāna? There is indeed a method, friend, there is indeed a way to reach Nibbāna! What, friend, is then this method, what is then that way to reach Nibbāna? It is, friend, simply the completion of this Noble 8-fold Way, namely:
- Right View (sammā-ditthi)
- Right Motivation (sammā-sankappa)
- Right Speech (sammā-vācā)
- Right Action (sammā-kammanta)
- Right Livelihood (sammā-ājīva)
- Right Effort (sammā-vāyāma)
- Right Awareness (sammā-sati)
- Right Concentration (sammā-samādhi)
This is undeniably the very method, friend, the only way to reach Nibbāna! Oh excellent is this unique method, exquisite is this way to reach Nibbāna! This –in itself- is enough for me, friend Sariputta, to begin the endeavour!
八正道:这是如来说法,最先揭示的道品,为离邪向正,转迷启悟的修持轨范。八正道,应称为『八圣道分』,或『八圣道支』。这是成圣的正道,有不可缺的八种成分,意谓达到佛教最高理想境地(涅槃)的八种方法和途径:
- 1、正见。正确的见解,亦即坚持佛教四谛的真理;
- 2、正思维。又称正志,即根据四谛的真理进行思维、 分别;
- 3、正语。即说话要符合佛陀的教导,不说妄语、绮语、恶口、两舌等违背佛陀教导的话;
- 4、正业。正确的行为。一切行为都要符合佛陀的教导,不作杀 生、偷盗、邪淫等恶行;
- 5、正命。过符合佛陀教导的正当生活;
- 6、正方便。又称正精进,即毫不懈怠地修行佛法,以达到涅槃的理想境地;
- 7、正念。念念不忘 四谛真理;
- 8、正定。专心致志地修习佛教禅定,于内心静观四谛真理,以进入清净无漏的境界。
八正道,以无漏的戒定慧为体。这不但是圣者的,八正道行入涅盘,也是凡夫邪道的彻底对治者,所以说能对「治堕邪道」的「一切众生」。堕邪道,即邪定聚众生。有了八邪,一定堕落恶趣。修八正道,才能回邪向正而使他解脱。
Lalu Nibbana itu apa?
Tanpa mempelajari ajaran Buddha terlebih dahulu dan berlatih di jalan yang telah ditetapkan oleh Buddha, Nibbana merupakan konsep yang sulit untuk digenggam atau dipahami. Hal itu serupa dengan usaha dalam menjelaskan warna bagi orang buta dan bunyi bagi orang tuli. Bahasa yang biasa tidak cukup untuk menjelaskan Nibbana. Nibbana harus dialami dan dipahami.
Bagaimanapun, secara ringkas, Nibbana adalah akhir dari segala nafsu dan penderitaan. Ia dicapai oleh seseorang yang telah menghapus segala aspek dari ketamakan, kebencian dan kebodohan. Ia adalah keadaan kebahagiaan dan kesenangan yang abadi yang tidak lagi dilahirkan kembali.
Buddha telah mengajari kita bagaimana mengurangi, dan pada akhirnya mengakhiri ketamakan, kebencian dan kebodohan dalam segala aspeknya. Dan ini dapat dilakukan dengan berlatih faktor yang baik dari kemurahan hati dan kebaikan, kesabaran dan belas kasih, moralitas dan kebijaksanaan.
Dengan latihan yang baik akan ajaran Buddha, dimungkinkan bagi siapapun dari kita untuk mengalami kedamaian dan kebahagiaan dari Nibbana, bahkan di kehidupan sekarang. Selidiki, periksa dan cobalah ajaran Buddha untuk diri anda sendiri!
Tidak perlu menunggu sampai kematian, alami Surga ketika anda masih hidup. Surga di sini dan saat ini, itulah rasa dari Nibbana di kehidupan ini.
No comments:
Post a Comment